Translate

Wednesday, July 23, 2014

Kiat (Saya) Mendapatkan Apa yang Saya Mau.

Sebagai manusia normal, saya juga punya sebuah kemauan, termasuk kamu. Kali ini saya akan membahas langkah bagaimana saya mencapai sebuah tujuan yang saya mau, tentunya sebuah kemauan atau keinginan yang baik.

Kali ini keinginan yang saya inginkan adalah lulus SBMPTN yang alhamdulillah telah berhasil saya capai tahun ini. Hitung-hitung bagi-bagi pengalaman dan tips.



Sedikit cerita, ini merupakan SBMPTN saya yang kali kedua, setahun sebelumnya saya sudah gagal mengikuti SNMPTN dan SBMPTN.

Berikut cara-cara yang saya terapkan, boleh juga kalau kalian mau bilang ini sebuah "kiat-kiat".


1. Yakin.
Kenapa harus yakin? Ya, karena sebenarnya semua hal itu bisa terjadi karena sebuah keyakinan. Kalau kita yakin akan gagal, kemungkinan besar kita akan gagal karena pesimis, begitu pun sebaliknya.

2. Tinggalkan kegiatan yang sekiranya tak perlu.
Mengapa demikian? Karena kegiatan yang kita lakuan akan membuat kita sibuk dengan hal tersebut, maka minimalkanlah hal-hal yang sekiranya tidak kita butuhkan untuk menghadapi SBMPTN atau ujian masuk lainnya seperti main game, nonton film, pacaran, smsan, mejeng, nongkrong, dan sebagainya.

3. Belajar.
Ini hal yang ga bisa ditawar-tawar, belajar adalah proses menuju apa yang kita mau, kalau prosesnya abal-abal, kemungkinan besar hasilnya pun sama dengan model usaha kita, ya abal-abal.

4. Belajar Efektif dan "Licik".
Mungkin judulnya sedikit kontroversi, cuma gini saya jelasin, kenapa harus efektif dan licik? karena saat menghadapi SBMPTN dan ujian masuk, kita beradu dengan waktu dalam mengerjakan soal. "Efektif" yang saya maksud adalah cara belajar kita, cari cara senyaman mungkin untuk belajar. "Licik", maksudnya bukanlah licik dalam ujian, tapi carilah cara yang kira-kira tidak kebayang oleh orang banyak, sehingga kita bisa mengerjakan soal dengan benar dan cepat, cara licik itu seperti rumus jalan pintas contohnya.

5. Berdoa.
Apapun usaha kita, tetap Allah yang tentukan, sebesar apapun usaha kita, tetaplah Allah yang punya kendali. Makanya, berharaplah Allah memberikan yang terbaik untuk kita.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat ya..

"Kegagalan bukan akhir dari segalanya, tapi Anda harus membuat itu agar tidak menjadi akhir bagi Anda."

No comments:

Post a Comment